Tips IG: 7 Cara Agar Akun Instagram Bisa Muncul di Pencarian Google | Platechno News
Iklan Sponsor :

Tips IG: 7 Cara Agar Akun Instagram Bisa Muncul di Pencarian Google

Iklan Sponsor :



Bagaimana Caranya Agar Akun Instagram Bisa Muncul di Pencarian Google Instagram saat ini telah berhasil menjadi sosial media yang populer di Indonesia bahkan di dunia. Hampir setiap hari ada saja akun baru yang mendaftar ke Instagram. Sebagian besar akun yang terdaftar di Instagram di dominasi oleh kaum muda dan kalangan tua yang telah melek dengan teknologi sosial media.

Ketika kita menuliskan sesuatu di pencarian Google kadang-kadang ada beberapa akun Instagram yang muncul di pencarian Google. Salah satu diantaranya akun Instagram salah satu produsen apparel olahraga yang populer di didunia yaitu Nike. Akun Instagram Nike bisa muncul di Google, caranya dengan menulis “ig Nike” di pencarian Google nanti ketika di enter akan muncul akun IG Nike.

Tips IG: 7 Cara Agar Akun Instagram Bisa Muncul di Pencarian Google
Instagram di ponsel iPhone - Image: iMore

Bagaimana Cara Agar Akun Instagram Bisa Muncul di Pencarian Google

Tapi yang menjadi pertanyaan bagaimana agar akun Instagram yang kita miliki bisa muncul di Google? Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan ini lumayan rumit di jelaskan secara detail karena ini berhubungan dengan cara SEO atau optimasi sosial media. Optimasi sosial media berbeda dengan optimasi pada web atau blog. Optimasi di web atau blog relatif lebih mudah.

Tapi meskipun rumit akan akan saya jelaskan sedikit saja, karena kalau terlalu banyak nantinya yang membaca malah pusing. Nah tips-tipsnya, bisa dilakukan dengan cara seperti ini.

1# Pemilihan Nama yang Sesuai dengan Nama Asli

Memilih nama untuk akun Instagram agar muncul di Google lumayan sulit, karena satu nama bisa di gunakan oleh beberapa orang. Sebagai contoh, saya memiliki nama Haryono saja tapi orang lain ada yang memiliki nama yang sama. Meskipun tak persis sama tapi nama tersebut mirip, kadang-kadang hanya dibedakan oleh satu kata saja misalnya Haryono Ismet, Haryono Putro, Haryono Cokro, Haryono Isman, Haryono Arbi, Agnes Haryono, Inka Haryono dan banyak lagi Haryono yang lainnya.

Nah ketika menuliskan di pencarian google “ig Haryono”, akan ada banyak sekali nama ig Haryono yang muncul di Google. Harapannya sih yang muncul merupakan nama kita, tapi yang nongol malah orang lain. Tapi ada disatu ketika nama akun IG kita miliki bisa muncul di Google.

Yang jelas agar nama kita bisa muncul di Google, gunakan saja nama yang asli. Mengapa demikian? Karena nama Haryono akan lebih mudah muncul di Google ketimbang nama haryono tapi namanya pakai angka-angka yang tidak jelas misalnya H4ry0n0. Nah nama alay semacam ini akan sulit muncul di Google.

2# Tidak Menggunakan Penulisan Nama yang Aneh dan Tidak Alay

Ini sambungan dari yang point pertama. Untuk anak muda yang baru gede atau ABG biasanya mereka hobi dan suka sekali menuliskan nama yang alay. Menuliskan nama yang alay sampai-sampai tidak bisa dibaca. Nama asli Haryono tapi malah di tulis H4ry0n0, tujuannya sih biar keren agar terlihat gaul.

Tapi ini merupakan tindakan yang bodoh, mungkin manusia bisa memahami arti dari H4ry0n0 yang maksudnya Haryono tapi tidak dengan mesin pencari seperti Google Yahoo Bing dan kawan-kawan. Perlu diketahui bahwa mesin pencari semacam Google tidak memahami hal ini. Google dan mesin pencari yang lain akan tetap menerjemahkan angka sebagai angka, huruf sebagai huruf. Tidak pernah mesin pencari menerjemahkan angka sebagai huruf.

Jadi kalau menuliskan nama yang alay seperti itu jangan pernah berharap namanya bisa muncul di pencarian Google. Toh orang-orang tidak akan pernah menuliskan nama di pencarian Google menggunakan angka. Orang-orang tetap menuliskan nama seperti biasanya.

Berbeda lagi jika akun yang kita menggunakan angka tapi hanya sebagai penambahan saja, mungkin nama ig kita akan tetap muncul di pencarian Google. Saya ambil contohnya yaitu akun sosial media IG yang dimiliki oleh Raisa. Raisa menambahkan angka pada namanya, sehingga nama akunnya di Instagram menjadi “raisa6690”. Pada nama tersebut masih dikenali atau jika nama tersebut merupakan nama Raisa Andriana yang asli.

3# Akun Instagram Memiliki Banyak Foto dan Banyak Followers

Banyaknya foto dan followers akan ngebuat foto kita di tampilkan di pencarian Instagram. Banyaknya foto dan followers akan ngebuat akun Instagram menjadi diprioritaskan oleh mesin pencari Google. Banyaknya foto dan followers menandakan jika akun tersebut memiliki reputasi yang baik dimata Google.

Saya ambil lagi contohnya akun Instagram Raisa, sebenarnya nama raisa telah banyak yang menggunakannya di Instagram. Karena akun IG raisa6690 memiliki followers dan foto yang banyak, yang akan ditampilkan tetap akun Raisa6690.

Prinsip ini juga berlaku ketika kita tidak mencari akun IG raisa6690. Saya ambil perumpamaan kita tidak mencari akun raisa6690 tapi mencari akun “raisa” saja. Karena akun raisa6690 lebih  populer tetap saja yang direkomendasi dan dimunculkan di mesin pencari merupakan raisa6690.

Juga berlaku akun fake atau akun palsu. Misalnya nama IG Nike yang asli telah punya followers  yang jumlahnya jutaan, jumlah foto yang ribuan. Akun IG Nike palsu biasanya memiiliki akun yang lebih sedikit dari yang asli, sehingga yang dimunculkan di Google tetap akun IG NIKE yang asli.

Akun IG saya juga seperti itu, saya memiliki nama haryono tapi ketika nama IG haryono dicari di Google yang muncul malah nama IG orang lain yang followers dan jumlah foto yang lebih banyak dari followers dan foto yang saya miliki.

4# Akun yang Mendapat Akreditasi atau Verifikasi dari Instagram

Akun IG yang telah terakreditasi biasanya di kenali dengan tanda ceklis pada akun Instagramnya. Tanda ceklis berwarna biru. Akun IG yang biasanya diperioritaskan untuk muncul di Google merupakan akun yang terakreditasi tersebut. Mengapa? Karena tanda tersebut menunjukkan keaslian akun IG.

Meskipun akun Instagram yang terakreditasi memiliki jumlah followers dan foto yang tidak begitu banyak, tapi jika dicari di Google akun seperti ini akan berpeluang muncul di pencarian Google. Perlu diketahui untuk mendapatkan akreditasi atau tanda ceklis dari Instagram lumayan sulit, hanya orang tertentu saja yang bisa mendapatkannya.

5# Akun Instagram yang Asli dan Original

Sambungan dari point sebelumnya. Akun asli atau akun mendapatkan akreditasi dari Instagram akan lebih di perioritaskan untuk muncul di pencarian Google. Misalnya saja akun Instagram Christiano Ronaldo CR7, akun CR7 telah banyak ngebuat akun palsunya tapi yang muncul di Google tetap akun CR7 yang asli yang memiliki tanda ceklis (tanda terakreditasi).

6# Memberikan Keterangan Pada Foto yang di Upload ke Instagram

Bagi pengguna Instagram banyak yang melupakan hal ini, sehingga  banyak yang mengupload foto tapi tidak memberikan keterangan pada foto yang di upload. Alhasilnya foto tersebut tidak diketahui jenisnya, judulnya, dan tidak ada keterangan informasi dari foto Instagram tersebut.

Pemasangan keterangan pada foto di Instagram bisa menyebabkan foto bisa ditampilkan di pencarian Google, tapi banyak orang tidak mengetahui hal ini. Sehingga banyak orang yang tidak memberikan keterangan pada fotonya di Instagram.

Padahal memberikan keterangan foto di Instagram itu caranya mudah. Bisa kita lakukan ketika akan mengupload foto ke IG, meskipun foto telah di upload tapi kita tetap bisa mengedit untuk diberikan judul keterangan. Semakin panjang keterangan di foto Instagram akan semakin bagus, tapi jangan sampai foto tersebut dikasi keterangan yang tidak memiliki hubungan sama sekali.

Misalnya foto pemandangan gunung di Instagram, tapi malah dikasi keterangan tentang kata-kata cinta buat pacar. Kalau seperti ini tidak akan nyambung, karena tidak ada hubungannya sama sekali. Sebaiknya jika foto pemandangan, kasi keterang tentang foto tersebut, misalnya lokasi foto tersebut diambil dimana, nama tempatnya apa, dan seterusnya. Yang penting keterangan di foto benar-benar menggambarkan isi dari foto.

7# Menggunakan Hashtag (#) di Foto Instagram

Ternyata hashtag (#) juga memberikan pengaruh agar foto di Instagram bisa muncul di pencarian Google. Semakin banyak hastag akan semakin berpeluang foto tersebut muncul di pencarian Google. Berdasarkan informasi yang didapat dari Minimaxir dan Quora didapatkan informasi bahwa batas maksimum hastag di Instagram merupakan 30 tag, jadi manfaatkan hashtag tersebut sebaik-baiknya.

Pihak Instagram sendiri sebenarnya menyarankan kita untuk menggunakan hashtag di foto yang kita upload. Tujuannya agar memperkuat keterangan yang sebelumnya telah dibuat di Instagram. Misalnya foto tersebut diambil ketika di Lombok, Indonesia kita bisa memberikan hashtag #Lombok #Indonesia dan hashtag lainnya.

Kesimpulannya

Agar akun Instagram yang kita miliki bisa eksis di Google, cara yang bisa kita lakukan dengan mengikuti sebagian trik dan tips yang telah saya sampaikan di atas. Jika tidak bisa diterapkan semuanya, terapkan saja sebagian. Bagi yang memiliki bisnis online misalnya toko online di Instagram, cara ini sangat cocok sekali diterapkan karena bisa meningkatkan penjualan.

Baca juga Tentang Instagram Lainnya


Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS:

3 Responses to "Tips IG: 7 Cara Agar Akun Instagram Bisa Muncul di Pencarian Google"

  1. Gila juga nih blog.. :D

    jadi tukang copas artikel orang lain, tapi blog muncul di halaman pertama Google. Artikel ini sumbernya dari Tuliside.com di tulis oleh saya sendiri.

    ini link aslinya http://www.tuliside.com/tips-ig-7-cara-agar-akun-instagram-bisa-muncul-di-pencarian-google/

    Harapannya semoga yang punya sadar dan kembali kejalan yang benar. Kita sama-sama mencari rezeki tapi sebaiknya gunakan cara yang benar.. :)

    Untuk melihat artikel lain dari Tuliside.com yang dicopas sama yang punya blog bisa dilihat disini http://blog.platechno.com/search?q=tuliside.com

    BalasHapus
  2. Pembahasan tentang ilmu pengetahuan :D, www.worldscientifict.blogspot.com

    BalasHapus
  3. 0856 240 298 36 - Cleaning Service Bandung

    BalasHapus